Forum

Total Post :

Posted 09 August 2017 23:34:29 pm


Mengasyikkan membaca pengumuman hasil ujian sertifikasi dari situs LKPP, karna nyatanya nama saya terdaftar jadi satu diantara peserta lulus ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh LKPP. Dari 47 peserta ujian ada 32 peserta lulus serta 15 peserta tidak lulus.Untuk saya pribadi, ujian sertifikasi di bulan April 2013 itu yaitu pengalaman pertama ikuti ujian sertifikasi yang dikerjakan oleh LKPP. Sesungguhnya th. 2003 saya sempat ikuti pendidikan serta kursus pengadaan barang layanan pemerintah yang dikerjakan oleh kantor pusat lembaga saya sepanjang 3 minggu yang disudahi dengan ujian serta alhamdulillah lulus. Kemudian th. 2003 s. d. 2005 ditunjuk jadi Sekretaris Panitia Pengadaan Barang serta Layanan waktu bertugas di Jakarta.

Bedanya pada saat itu pengadaan barang layanan pemerintah masih tetap berdasar pada Ketentuan Presiden Nomor 80 Th. 2003, sedang saat ini telah berdasar pada Ketentuan Presiden No, 54 Th. 2010 seperti dirubah bagian-bagian dalam Ketentuan Presiden Nomor 70 Th. 2012. Ada banyak perubahan yang begitu mendasar serta berlainan di banding terlebih dulu. Doa Sholat Dhuha Rasa penasaran serta keingintahuan pada perubahan pengadaan barang layanan pemerintah yang telah lama tidak saya ikuti karna beberapa pekerjaan yg tidak berkaitan segera, jadi saya begitu suka serta segera meng-iyakan waktu ditawari oleh rekanan kerja untuk ikuti tuntunan tehnis serta ujian sertifikasi pengadaan barang layanan yang difasillitasi oleh Biro Peralatan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Pada akhirnya saya mujur memperoleh peluang untuk belajar pengadaan barang layanan serta segera turut ujian sertifikasi.

Berdasar pada pengalaman ikuti tuntunan tehnis sepanjang 4 hari kerja (senin-kamis) serta ujian sertifikasi di hari jumatnya, jadi saya coba memberi panduan supaya bisa lulus ujian sertifikasi pengadaan barang layanan dari LKPP seperti berikut :

Persiapan Ujian

Paling tidak sudah 1x membaca hingga usai Perpres No. 54/2010 tersebut perubahannya dalam Perpres No. 70/2012.
Membaca ikhtisar Perpres 54/2010 serta Perpres 70/2012 berkaitan pengadaan barang layanan dari mulai rencana sampai penyelesaian kontrak. Apabila tidak pernah merangkum sendiri, jadi dapat membaca materi ikhtisar yang tersedia banyak di internet.


Showing : 1 Records