Forum

Total Post :

Posted 05 March 2018 13:57:31 pm



Service Pengadaan Dengan Elektronik (LPSE) yaitu satu unit yang melayani sistem pengadaan barang/jasa yang ditunaikan dengan elektronik. , awal mulanya adalah system e-procurement (pengadaan dengan elektronik) yang diperkembang oleh LKPP (Instansi Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). System LPSE diperkembang dengan basis free license untuk diaplikasikan semua lembaga pemerintah di Indonesia. Sampai pertangahan 2010, udah ada sekitaran 60 lembaga yang punya LPSE.

Pada perubahan setelah itu, LPSE didefinisikan jadi unit pelaksana yang memfasilitasi Panitia/Unit Service Pengadan (ULP) pada sistem pengadaan barang/jasa dengan elektronik. LPSE sendiri menjalankan system e-procurement bernama SPSE (System Pengadaan Dengan Elektronik) yang doa niat puasa diperkembang oleh LKPP. Tetapi pada umumnya, LPSE disimpulkan jadi system e-procurement termasuk juga di dalamnya aplikasi serta unit pelaksana.

2. Mengapa Butuh LPSE

Karena untuk memfasilitasi ULP/Petinggi Pengadaan dalam melakukan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan elektronik. Pada ULP/Petinggi Pengadaan pada Kementerian/Instansi/Perguruan Tinggi/BUMN serta Pemerintah Daerah yg tidak membuat LPSE, bisa melakukan pengadaan dengan elektronik dengan menjadipengguna dari LPSE paling dekat. Terkecuali jadi unit kerja seperti tertulis diatas LPSE kudu penuhi kriteria seperti peraturan pasal 15, 16 serta 109 ayat (7) Undang-Undang Nomor 11 Th. 2008, serta atas pemenuhan hal itu LKPP bakal jalankan pembinaan serta pengawasan atas pelaksanaannya

3. Peranan LPSE

LPSE bakal menggerakkan peranan seperti berikut :

a. Mengelola System Pengadaan Dengan Elektronik (SPSE) ;

b. Sediakan kursus pada PPK/Panitia serta Penyedia barang/jasa ;

c. Sediakan media akses internet untuk PPK/Panitia serta Penyedia barang/jasa ;

d. Sediakan dukungan tehnis untuk menjalankan SPSE pada PPK/Panitia serta Penyedia barang/jasa ;

e. Melakukan pendaftaran serta verifikasi pada PPK/Panitia serta Penyedia barang/jasa.




4. Langkah - Langkah Membentuk LPSE

Membentuk tim/gugus pekerjaan untuk mempersiapkan LPSE
Membuat piranti ketentuan untuk implementasi e-Procurement, diantaranya :
Ketentuan terkait Pembentukan Tim
Ketentuan terkait Implementasi e-Procurement
Ketentuan terkait Organisasi Unit LPSE
Mempersiapkan media serta prasarana yang dibutuhkan untuk beroperasinya LPSE, yakni :
Tempat
Server
Komputer
Jaringan internet
Mempersiapkan SDM pengelola LPSE
Menyelenggaraan sosialisasi pada unit kerja serta Penyedia
Melakukan kursus pada pengelola LPSE, PPK/Panitia serta Penyedia


Showing : 1 Records